Implementasi Sistem Informasi Pencarian Kos Untuk Mahasiswa Berdasarkan Area Kampus berbasis Web

Authors

  • Ria Suci Nurhalizah Universitas Harapan Bangsa
  • Ilham Sidik Saksena Universitas Harapan Bangsa
  • R Bagus Bambang Sumantri Universitas Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59435/jocstec.v1i3.173

Keywords:

Rumah Kos, Information, Pencarian, Website

Abstract

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, membantu dan memudahkan seseorang dalam mencari informasi. Dan bagi mahasiswa salah satunya dapat membantu mendapatkan informasi terkait rumah kos dengan efektif dan efisien yang dakat dengan area kampus hanya dengan menggunakan aplikasi tanpa harus datang ketempat langsung. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membangun aplikasi berbasis website yang bertujuan untuk memudahkan pencari kos dalam mencari rumah kos dan memudahkan pemilik kos dalam memberi informasi tentang rumah kos dengan jangkauan yang lebih luas. Metodologi penelitian menggunakan Model Waterfall. Dalam pembuatan website ini menggunakan bahasa pemrograman HTML, CSS dan juga Javascript untuk membuat tampilan website, PHP untuk membuat fungsi-fungsi didalamnya, MySQL untuk tempat penyimpanan data dan Sublime Text untuk menulis kode programnya. Hasil penelitian menampilkan informasi ketersediaan kos, fasilitas, lokasi maps dan informasi penting lainnya serta tersedia juga fitur untuk pembaruan data bagi pemilik kos. Metode pengujian website ini mendapatkan hasil uji coba program yang menyatakan berjalan sesuai apa yang diinginkan dengan menggunakan pendekatan black box testing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Rachmawati, “Membangun Informasi Layanan Umum Rumah Kos Melalui Aplikasi Berbasis Web,” 2017, [Online]. Available: http://pelita.or.id/baca.php?id=76299

E. M. Sipayung, C. F. Fiarni, and S. Sutopo, “Sistem Rekomendasi Tempat Kost di Sekitar Kampus ITHB Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP),” Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 7, no. 2, pp. 52–60, Aug. 2021, doi: 10.25077/teknosi.v7i2.2021.52-60.

A. ’ Inun Jannah et al., “SISTEM INFORMASI PEMASARAN RUMAH KOST BERBASIS WEB,” vol. 8, no. 2, 2020.

Muhammad Ma’Mur, “METODE EXTREME PROGRAMMING DALAM MEMBANGUN APLIKASI KOS-KOSAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG BERBASIS WEB,” 2019.

P. Studi Sistem Informasi Universitas Trilogi Jakarta Jl TMP Kalibata No, D. Tiga Kec Pancoran, K. Kunci, R. Kost, and S. Informasi, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI SEWA RUMAH KOST (E-KOST) BERBASIS WEBSITE CHALIDAZIA NIZAR,” Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi, vol. 3, no. 1, 2021.

R. Bagus, B. Sumantri, W. Setiawan, and D. N. Triwibowo, “METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi RANCANG BANGUN APLIKASI MEDIA JASA DESAIN LOGO DENGAN METODE WATERFALL BERBASIS WEBSITE,” vol. 6, no. 2, 2022, doi: 10.46880/jmika.Vol6No2.pp157-163.

E. Syam, U. Islam Kuantan Singingi Jl Gatot Subroto Km, and T. Kuantan, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI RUMAH KOST DAN KONTRAKAN TELUK KUANTAN,” vol. 1, no. 1, 2018.

J. Homepage et al., “MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science Design and Build of Web-Based Boarding Information System In Tampan District,” vol. 2, pp. 28–36,

Downloads

Published

18-11-2023

How to Cite

[1]
“Implementasi Sistem Informasi Pencarian Kos Untuk Mahasiswa Berdasarkan Area Kampus berbasis Web”, JOCSTEC, vol. 1, no. 3, pp. 141–151, Nov. 2023, doi: 10.59435/jocstec.v1i3.173.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>