Analisis Perbandingan Metode SMART dan MOORA dalam Pemilihan Calon Mustahiq di Masjid Nur-Hadi

Authors

  • M. Sura Aprianto Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal
  • M. Handika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal
  • Rozi Juliantika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal
  • Siti Fatimah Sitorus Pane Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal
  • Tri Adetia Natasya Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal
  • Afrisawati Afrisawati Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal

DOI:

https://doi.org/10.59435/jocstec.v2i2.294

Keywords:

SMART MOORA Zakat

Abstract

Kemajuan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk pengelolaan zakat. Penelitian ini mengusulkan pengembangan sistem pendukung keputusan untuk memilih calon mustahiq zakat secara efektif dan adil di Masjid Nur-Hadi di kelurahan Dadimulyo, Lingkungan 2, Kisaran, Sumatera Utara, menggunakan metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) dan MOORA (Multi-Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis). Tahap penelitian melibatkan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Lima kriteria digunakan dalam penelitian ini, termasuk pendapatan, jumlah tanggungan, tempat tinggal, kriteria khusus, dan kondisi kesehatan. Data mustahiq zakat fitrah tahun 2024 digunakan untuk analisis sebanyak 10 data. Hasil perankingan dari kedua metode tersebut kemudian dibandingkan dengan keputusan yang diambil oleh panitia zakat Masjid Nur-Hadi. Melalui metode SMART, sistem memberikan peringkat terbaik kepada alternatif yang paling sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Metode SMART menunjukkan potensi untuk digunakan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan zakat yang lebih efisien dan adil.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. F. Anshari, “SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN ZAKAT BERBASIS WEBSITE PADA PP PERSIS BANJARAN,” vol. 13, no. 1, pp. 1–21, 2019.

A. Tenri Gading Nurul Azizah and A. Kusumawati, “Analisis Kinerja Pengumpulan Dana Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS),” 2023.

A. Fidha Ismail, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN ZAKAT PADA BADAN AMIL ZAKAT MASJID CIBIS PARK,” Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika.

C. M. Sr et al., “Implementasi Sistem Informasi Pengelolaan Data Zakat Fitrah Berbasis Web Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.”

T. Setiyaningsih, W. Mafiroh, and E. Novianti, “MENENTUKAN PENERIMA ZAKAT MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART).”

Downloads

Published

31-05-2024

How to Cite

[1]
“Analisis Perbandingan Metode SMART dan MOORA dalam Pemilihan Calon Mustahiq di Masjid Nur-Hadi”, JOCSTEC, vol. 2, no. 2, pp. 90–100, May 2024, doi: 10.59435/jocstec.v2i2.294.