PENGARUH HUBUNGAN KERJA, ETIKA KERJA DAN TANGGUNG JAWAB TERHADAP KINERJA KARYAWAN HOTEL MAJESTIC PEKANBARU

Authors

  • Firmansyah Firmansyah STMIK Dharmapala Riau
  • Fery Wongso STMIK Dharmapala Riau
  • Andry Andry STMIK Dharmapala Riau

DOI:

https://doi.org/10.59435/jimnu.v1i1.38

Keywords:

Hubungan Kerja, Etika Kerja, Tanggung Jawab Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Kinerja perusahaan itu sendiri adalah hasil dari sebuah kegiatan manajemen pada sebuah perusahaan. Tolak ukur kesuksesan suatu perusahaan bisa dilihat dari kinerja perusahaan yang dihasilkan. Semakin tinggi hasil kinerja perusahaan tersebut akan semakin sukses pula perusahaan tersebut. Adapun indikator perusahaan tersebut dapat dikatakan sukses dilihat dari kemampuan perusahaan tersebut untuk mendapatkan laba, kemampuannya untuk terus tumbuh dan berkembang (growth), kemampuannya untuk mendapatkan proyek yang berkelanjutan (sustainable) serta yang tidak kalah penting adalah kemampuan perusahaan tesebut untuk bersaing (competitve) dengan perusahaan lain baik dari dalam maupun luar negeri. Kesimpulan pada penelitian ini terdiri dari secara parsial hubungan kerja tidak berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja karyawan Hotel Majestic Pekanbaru, secara parsial etika kerja tidak berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja karyawan Hotel Majestic Pekanbaru,  secara parsial tanggung jawab berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja kayawan Hotel Majestic Pekanbaru, secara simultan hubungan kerja, etika kerja dan tanggung jawab berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja karyawan di Hotel Majestic Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aira Aras, 2016. Pengaruh Etika Kerja Terhadap Kinerja Manajerial Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Kampar. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Volume 19, Nomor 1, Januari-Juni.

Andriana Dinda Renny, 2010. Hubungan Antara Tanggung Jawab, Prestasi Kerja, Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja dengan Motivasi Kerja Karyawan. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Aryana Permata dan Hery Winoto Tj, 2017. Pengaruh Budaya Organisasi, Etika Kerja dan Loyalitas Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, Volume 17, Nomor 2, Juli - Desember.

Danang Sunyoto, 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung : PT Refika Aditama Anggota Ikapi.

Devira Wahyuni Santoso, 2018. Hubungan Etika Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Koperasi Primer Tursina Surabaya. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.

Edison, dkk, 2017. Strategi dan Perubahan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi. Bandung : Alfabeta.

Ernawati, 2010. Pengaruh Hubungan Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Moderatin, Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Volume 10, Nomor 2, Oktober.

Ernawan Erni, 2014. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), Volume 11, Nomor 2.

Fahmi Irham, 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Aplikasi). Bandung : Alfabeta.

Kasmir, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Laniwidyanti, 2010. Pengaruh Hubungan Kerja, Pengalaman Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bank Central Asia (BCA) Cabang Borobudur Malang, Volume 13, Nomor 2, April.

Mangkunegara Anwar Prabu, 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Manik Marke Bageate, 2017. Pengaruh Etika Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Medan. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Priansa Donni Juni, 2018. Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung : Alfabeta.

Rum Bernard, Greis Sendow dan Merinda Pandowo, 2019. Pengaruh Etika Kerja, Keterlibatan Kerja, dan Kepribadian Terhadap Kinerja Karyawan PT. Telkom (PERSERO) MANADO AREA, Jurnal EMBA, Volume 7, Nomor 1, Januari.

Sudarma Putu Gde Edy Novayana Sudira Nyoman, 2014. Pengaruh Hubungan Kerja, Komunikasi dan Tingkat Kesejahteraan Terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan PT. BPR Sari Dananiaga Tabanan. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Wahyuningsih Sri, 2014. Analisis Pengaruh Tanggung Jawab Sosial, Etika Bisnis dan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Reputasi Dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jurnal “JIP” Bisnis-Akuntansi, Elektronika dan Otomotif, Volume 1, Nomor 1, April.

Yusuf Nurdin, 2018. Pengaruh Kepemimpinan, Tanggung Jawab, Kedisiplinan dan Kerjasama Terhadap Kinerja Pegawai di Universitas Gorontalo. Jurnal Gorontalo Development Review, Volume 1, Nomor 1, April.

Zainal Veithzal Rivai, dkk, 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Downloads

Published

03-03-2023

How to Cite

PENGARUH HUBUNGAN KERJA, ETIKA KERJA DAN TANGGUNG JAWAB TERHADAP KINERJA KARYAWAN HOTEL MAJESTIC PEKANBARU . (2023). Jurnal Ilmiah Multidisiplin Nusantara (JIMNU), 1(1), 27-34. https://doi.org/10.59435/jimnu.v1i1.38

Similar Articles

1-10 of 14

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>