Analisis Persediaan Stok Obat Di Apotek RSUD HAMS Kisaran Dengan Metode SCM

Authors

  • Reza Nanda Nugraha Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal
  • Guntur Maha Putra Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal
  • Rika Nofitri Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal

DOI:

https://doi.org/10.59435/jocstec.v1i1.11

Keywords:

rsud, scm, apotek

Abstract

Apotek RSUD HAMS Kisaran sering terjadi kehabisan stok obat, dikarenakan banyaknya permintaan dari konsumen, serta sering terjadi pesediaan obat yang berlebihan, sehingga terjadi penumpukan obat yang dapat menyebabkan terjadinya kadaluarsa pada obat yang ada dan menimbulkan kerugian karena obat yang kadaluarsa harus dimusnahkan. Demi mengatasi masalah diatas, penulis menuangkan ide untuk merancang sebuah sistem terkomputerisasi yang didukung dengan metode penunjang yang dipilih dalam proses persediaan obat di Apotek RSUD HAMS Kisaran untuk memastikan agar persediaan dapat memenuhi kebutuhan yang ada. Penelitian ini merancang suatu sistem persediaan stok obat yang dapat membantu dalam mengoptimalkan aktivitas pergudangan yang dilakukan dengan menggunakan metode Supply Chain Management (SCM) yang merupakan suatu pendekatan yang digunakan untuk mencapai pengintgrasian yang lebih efisien dari distributor, retailer dan pasien. Supply Chain Management (SCM) merupakan pendekatan integrative untuk mengelola aliran produk, informasi dan uang secara terintegrasi yang melibatkan pihak-pihak mulai dari hulu ke hilir yang terdiri dari pemasok, pabrik, jaringan distribusi maupun jasa-jasa logistik. Supply Chain Management (SCM)  mampu mengatasi masalah persediaan agar produk dalam keadaan tersedia dan layak. Manfaat penerapan Supply Chain Management (SCM)  yaitu untuk memenuhi kepentingan dalam pemenuhan persediaan barang yang mempunyai sifat cepat habis, persediaan barang merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan atau instansi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Pratiwi, U. I. Arsyah, A. P. Gusman, and A. Muhammad, “Inventory System Using Supply Chain Management Method in Regulating Amount of Medicine Availability at Pharmacies Sistem Persediaan menggunakan Metode Supply Chain Management dalam Mengatur Jumlah Ketersediaan Obat pada Apotik,” IJIRSE Indones. J. Inform. Res. Softw. Eng. , vol. 1, no. 2, pp. 139–145, 2021.

D. Akper and P. Tapanuli, “ANALISIS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN PADA RUMAH SAKIT SWASTA MEDAN,” J. Stindo Prof., vol. VI, no. September, pp. 3–7, 2020.

V. Afifah and D. Setyantoro, “Rancangan Sistem Pemilihan dan Penetapan Harga dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa Logistik Berbasis Web,” J. IKRA-ITH Inform., vol. 5, no. 2, pp. 108–117, 2021.

I. Tanjung and D. Sukrianto, “Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Terpadu Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Rumah Sakit Jiwa Tampan Prov. Riau,” J. Intra-Tech, vol. 1, no. 1, pp. 43–54, 2017.

D. Nasution and R. Ramadhan Harahap, “Aplikasi Supply Chain Management Untuk Pengelolaan Distribusi Ayam Potong Pada PT.XYZ Dengan Menggunakan Metode Distribution Requirement Planning (DRP),” J. Inf. Komput. Log., vol. 2, no. 2, 2021, [Online]. Available: http://ojs.logika.ac.id/index.php/jikl/article/view/71/82

H. A. Madjid, A. Ambarwati, and L. Latipah, “Decision Support System Peramalan Permintaan Layanan Kecantikan dengan Single Exponential Smoothing dan Simple Moving Average,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 9, no. 3, p. 372, 2021, doi: 10.26418/justin.v9i3.45796.

I. Rohman and B. D. Andah, “Sistem Informasi Berbasis Web Dengan Model Supply Chain Management (Scm) Guna Mengatasi Target Penjualan Yang Tidak Tercapai Pada Pt. Setia Utama Distrindo,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 101–108, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1608.

S. K. Hasibuan, I. K. Siregar, and I. A. Lubis, “Applying the Economic Order Quantity ( Eoq ) Method for the Control and Supply of Sheep Feed Raw Materials in Pt . Eldira Fauna Asahan Menerapkan Metode Economic Order Quantity ( Eoq ) Untuk Pengendalian Dan Persediaan Bahan Baku Pakan Domba Pada Pt . Eld,” J. Tek. Inform., vol. 3, no. 3, pp. 657–664, 2022.

F. Frankie, A. Putri, and Y. Laia, “Supply Chain Management Untuk Stok Dan Pendistribusian Barang Berbasis Web Dengan Metode Fifo Pada Cv. Perdana Motor,” J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 3, no. 1, p. 55, 2020, doi: 10.53513/jsk.v3i1.195.

M. Saiddinur, “Sistem Persediaan Dan Pengendalian Stok Obat Menggunakan Metode Scm-Lot Sizing Pada Apotek,” J. Penelit. Dosen Fikom, vol. 10, no. 1, pp. 41–50, 2019.

G. Sumadi, N. Nurhayani, and ..., “Analisis Aplikasi Supply Chain Management Telkom (Scmt) Untuk Mendata Pengeluaran Barang Pada Sto Seberang Ulu …,” Sigmata J. …, 2021, [Online]. Available: https://www.jurnal-amik.sigma.ac.id/index.php/sigmata/article/view/60

aditia edy Utama, “RANCANG BANGUN APLIKASI KASIR TIKET NONTON BOLA BARENG PADA X KASIR DI SUATU LOKASI X DENGAN VISUAL BASIC 2010 DAN MYSQL,” vol. 6, no. 2, pp. 1–14, 2017.

Downloads

Published

10-01-2023

How to Cite

[1]
“Analisis Persediaan Stok Obat Di Apotek RSUD HAMS Kisaran Dengan Metode SCM”, JOCSTEC, vol. 1, no. 1, pp. 28–34, Jan. 2023, doi: 10.59435/jocstec.v1i1.11.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>