Implementasi Customer Relationship Management Pada Klinik Laf Kisaran

Authors

  • Ari Arfika Pratiwi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal
  • Havid Syafwan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal
  • Pristiyanilicia Putri Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal
  • Cecep Maulana Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal

DOI:

https://doi.org/10.59435/jocstec.v1i1.9

Keywords:

CRM, Pelanggan, PHP dan MySQL, Hubungan

Abstract

Klinik Laf Kisaran merupakan salah satu klinik kecantikan yang ada di Kota Kisaran Sumatera Utara.  Klinik ini bergerak dibidang usaha memenuhi kebutuhan pelanggan dalam hal perawatan mulai dari perawatan rambut, badan, dan wajah, serta klinik ini juga menjual berbagai macam produk kecantikan. Permasalahan yang dihadapi dari Klinik Laf Kisaran ini adalah masih kurang baiknya dalam mengelola hubungan dengan pelanggan, hal ini tentunya nanti  dikhawatirkan pelanggan akan beralih keklinik kecantikan lainnya. Oleh sebab itu, untuk menciptakan loyalitas dalam  meningkatkan hubungan, mempertahankan, serta menarik pelanggan baru, maka dibutuhkan sebuah upaya agar pelanggan tidak berpindah keklinik kecantikan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Costumer Relationship Management (CRM) pada Klinik Laf Kisaran agar menciptakan loyalitas dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan serta dapat menarik pelanggan yang baru. Hasil dari penelitian ini berupa Implementasi CRM pada sebuah sistem menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Dengan adanya sistem ini diharapkan mampu memudahkan pelanggan untuk memperoleh informasi mengenai produk - produk yang dijual, transaksi penjualan, dan pengiriman produk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

HERIYANTO, Yunahar. Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT. APM Rent Car. Jurnal Intra Tech, 2018, 2.2: 64-77.

CARISSA, Anatasha Onna. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Bandung Sport Distro Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 2014, 15.1.

WIDJAJA, A. Customer Relantionship Management: Konsep dan Kasus. Harvarindo. Jakarta, 2008.

UMMAH, Linda Durotul. Rancang Bangun E-Commerce Pada Toko Kerudung Nuri Collection Berbasis Customer Relationship Management. Nuansa Informatika, 2018, 12.2.

ANARDANI, Sri; PUTERA, Andi Rahman. ANALISA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN E-CRM PADA TOKO SEPATU MANIES MADIUN. SAINS DAN TEKNOLOGI, 2018, 1.1: 115-120.

ABDURAHMAN, Jajang; HAMDANI, Dadang; NOVANTARA, Panji. Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Penerimaan Siswa Baru (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussalam Kabupaten Garut). Nuansa Informatika, 2018, 12.1.

RAHAYU, Ginanjar; RENALDI, Faiza; UMBARA, Fajri Rakhmat. Pembangunan Customer Relationship Management (CRM) pada PT. Sanbe Farma. Prosiding SNST Fakultas Teknik, 2018, 1.1.

F. Dristyan, K. Priyanto, S. Andriyani, and S. Royal, “RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI SIADES PADA DESA PERJUANGAN KAB. BATU BARA,” 2021. [Online]. Available: http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR

Downloads

Published

10-01-2023

How to Cite

[1]
“Implementasi Customer Relationship Management Pada Klinik Laf Kisaran ”, JOCSTEC, vol. 1, no. 1, pp. 22–27, Jan. 2023, doi: 10.59435/jocstec.v1i1.9.

Similar Articles

1-10 of 32

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>