Analisis Manajemen Risiko Pembiayaan Pada Produk Layanan Berbasis Jamaah (LASISMA) Tanpa Jaminan Di BMT NU Cabang Kalibaru

Authors

  • Moh Haris Balady Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq
  • Risma Nur Kholifah Universitas Islam Negri Kiai Haji Achmad Siddiq
  • Tria Sughesti Adifa Winata Universitas Islam Negri Kiai Haji Achmad Siddiq

DOI:

https://doi.org/10.59435/jiss.v1i3.222

Keywords:

manajemen risiko, Pembiayaan LASISMA, BMT NU

Abstract

Lembaga Keuangan merupakan lembaga yang memiliki peran penting dalam mengelolah dana umat. entah itu berbentu koperasi atau perbankan Syariah, keduanya sama-sama menyediakan berbagai macam produk yang ditawarkan kepada umat. mulai dari Produk Pembiayaan/Pinjaman hingga Tabungan/simpanan dengan berbagai macam Variannya dan masih banyak Lagi tawaran Produk Dari lembaga Keuangan Syariah. Pada Kesempatan Kali ini Penulis akan mengkaji salah satu produk pembiyaan lembaga keuangan syariah yaitu Pelayanan Berbasis Jamaah (LASISMA) tanpa jaminan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan manajemen risiko pembiayaan berbasis jamaah pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah di BMT NU Cabang Kalibaru Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif untuk menjawab permasalahan yang terjadi dengan mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Hasil penelitian pada BMT NU Cabang Kalibaru Banyuwangi telah menerapkan manajemen risiko dalam pembiayaan Lasisma dengan menggunakan 3C yaitu Character, capacity, dan juga condition of economic.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asir, M., Yuniawati, R. A., Mere, K., Sukardi, K., & Anwar, M. A. (2023). Peran manajemen risiko dalam meningkatkan kinerja perusahaan: studi manajemen sumber daya manusia. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 32-42.

Azis, A. (2021). Manajemen Risiko Pembiayaan pada Lembaga Keuangan Syariah. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Halimiyah, I. (2022). Analisis Manajemen Risiko Pembiayaan Pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT NU Jawa Timur Cabang Kalibaru (Doctoral dissertation, UIN KH Ahmad Siddiq Jember).

Himan, D. F. (2019). Analisis Resiko Pembiayaan Layanan Berbasis Jama’ah (LASISMA) Di BMT NU (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)

Himan, D. F. (2019). Analisis Resiko Pembiayaan Layanan Berbasis Jama’ah (LASISMA) Di BMT NU (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Horida, H. (2022). Penerapan Manajemen Risiko Pembiyaan Lasisma di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Batang-Batang Sumenep (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA).

Nirwantoro, A. (2018). MITIGASI RISIKO PEMBIAYAAN TANPA AGUNAN PADA PRODUK MIKRO IB DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi PT. Bank BRISyariah Kantor Cabang Yogyakarta).

Nurjanah, I., & Rosidi, R. (2022). IMPLEMENTASI PEMBIYAAN PELAYANAN BERBASIS JAMAAH (LASISMA) DI KSPPS BMT NU JATIM CABANG KETAPANG. Jurnal Ngejha, 1(2), 139-144.

Sari, M. I. (2021). Manajemen Risiko Pembiayaan Layanan Berbasis Jamaah (Lasisma) Di BMT NU Cabang Ganding Sumenep (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA).

Sari, N., Handayani, Y. I., & Ningsih, W. F. (2023). ANALISIS MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN LAYANAN BERBASIS JAMAAH PADA BMT NU JAWA TIMUR CABANG WULUHAN JEMBER. RISTANSI: Riset Akuntansi, 4(2), 137-158

Downloads

Published

31-10-2023

How to Cite

Analisis Manajemen Risiko Pembiayaan Pada Produk Layanan Berbasis Jamaah (LASISMA) Tanpa Jaminan Di BMT NU Cabang Kalibaru. (2023). Journal Of Indonesian Social Society (JISS), 1(3), 145-150. https://doi.org/10.59435/jiss.v1i3.222

Similar Articles

1-10 of 32

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>