Analisis Beban Kerja Mental Pada Pekerja UMKM Tahu Mtb Menggunakan Metode NASA-TLX

Authors

  • Mufrida Meri Universitas Ekasakti
  • Hary Fandeli Universitas Ekasakti
  • Rozza Linda Universitas Ekasakti
  • Irmayani Irmayani Universitas Ekasakti
  • Rio Febrian Universitas Ekasakti

DOI:

https://doi.org/10.59435/jiss.v1i1.24

Keywords:

produktivitas, kinerja karyawan, beban kerja mental, NASA-TLX

Abstract

Kinerja karyawan sangat berpengaruh dalam penentuan produktivitas suatu perusahaan. Apabila kinerja karyawan di sebuah perusahaan baik, maka produktivitas perusahaan tersebut akan meningkat dan hal ini dapat menyebabkan keuntungan pada perusahaan tersebut bertambah. Begitu pula sebaliknya, apabila kinerja karyawan tersebut buruk, maka produktivitas perusahaan tersebut akan menurun. Salah satu hal yang mempengaruhi kinerja karyawan tersebut yaitu beban kerja mental. Beban kerja mental merupakan sesuatu keadaan yang dialami oleh seseorang yang memberi tekanan dalam hidupnya. Semakin tinggi tekanan yang dirasakan karyawan itu, maka semakin rendah kinerja yang bisa dicapainya. Salah satunya yaitu pada pekerja-pekerja di Pabrik Tahu MTB. Berdasarkan data-data perbandingan nilai rata-rata tiap faktor untuk menghitung beban kerja mental dapat disimpulkan bahwa faktor beban kerja mental yang paling berpengaruh yaitu performansi kerja yang menyatakan tingkat kepuasan yang dirasakan terhadap kinerja yang telah dilakukan yaitu sebesar 85. Rata-rata nilai kebutuhan mental dan kebutuhan fisik bernilai sama yaitu sebesar 80.5 yang menyatakan bahwa beban kerja para pekerja yang membutuhkan fisik dan mental bernilai sama .Terdapat 6 faktor yang mempengaruhi beban kerja para pekerja yaitu Mental Demand,Physical Demand, Temporal Demand,Performance,Frustation, Effort. Berdasarkan hasil dari perhitungan dapat diketahui jumlah karyawan yang memiliki tingkat beban kerja mental kategori tinggi sekali dengan rata-rata WWL 85.66 yang berjumlah 4 orang dan kategori tinggi dengan rata-rata WWL 71.22  yang berjumlah 6 orang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelia Simanjuntak, Risma.2011. “Penilaian Risiko Manual Handling dengan Metode Indkator Kunci dan Penetuan Klasifikasi Beban Kerja dengan Penentuan Cardiovasculair Load”. Teknik Industri, Institusi sains & Teknologi AKPRIND: Yogyakarta.

Anggraeni, W. C., Ningtiyas, W. P., & Nurdiyah, N. (2021). Kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan UMKM di masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Journal of Government and Politics (JGOP), 3(1), 47-65.

Anugrah Muhaji Puteri, Renty, dkk. 2017.”Analisis Beban Kerja dengan Menggunkan Metode CVL dan NASA-TLX di PT.ABC”. Jakarta.Spektrum Industri, 2017, Vol. 15, No. 2 Simanjuntak, R. 2010. “Analisa Pengaruh Shift Kerja terhadap Beban Kerja Mental”. Jurnal Teknologi. Vol 3, hal 53-60.

Dristyan, F., Mardalius, M., & Meri, M. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Toko Online untuk UMKM. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 2(2), 189-194.

Nadya R. 2017.Perbandingan dan Pengukuran Beban Kerja Mental dengan Pendekatan NASA-TLX.Surakarta : Universitas Muhammadiyah.

Nurmianto, Eko. (2004), Ergonomi: Konsep Dasar dan Aplikasinya, Prima Printing, Surabaya.

Mega M. 2014. Pengukuran Beban Kerja Fisiologis dan Psikologis pada Operator Pemetikan Teh dan Operator Produksi Teh Hijau di PT. Mitra Kerinci.Jurnal Optimasi Sistem Industri, Vol. 13 No. 1.Padang : Universitas Andalas.

Rusindiyanto, Nisa M. Dan Pailan. Pengukuran Beban Kerja Karyawan Bagian Prooduksi dengan Metode NASA-TLX di PT. Cat Tunggal Djaja Indah. Jawa Timur : UPN “Veteran”.

Simanjuntak, R.A., 2012. Pengaruh Beban Kerja Mental Dengan Menggunakan

Metode Nasa-Task Load Iindex (TLX) Terhadap Stres Kerja.

Yogyakarta: Teknik Industri, Institusi sains & Teknologi AKPRIND.

Tarwaka. 2011. Ergonomi industri : Dasar-Dasar pengetahuan ergonomi dan aplikasi ditempat kerja. Cetakan kedua. Surakarta : Harapan Press Solo.

T. Fariz Hidayat, Sugiharto Pujangkoro, Anizar. 2013. Pnegukuran Beban Kerja Mental Perawat Menggunakan Metode NASA-TLX Dirumah Sakit XYZ, USU, Vol 2, No 1.

Widyanti, Ari, dkk.2010. Pengukuran Beban Kerja Mental Dalam Searching Task Dengan Metode Rating Scale Mental Effort (RSME). Teknik Industri UNDIP.

Downloads

Published

03-02-2023

How to Cite

Analisis Beban Kerja Mental Pada Pekerja UMKM Tahu Mtb Menggunakan Metode NASA-TLX . (2023). Journal Of Indonesian Social Society (JISS), 1(1), 15-18. https://doi.org/10.59435/jiss.v1i1.24

Similar Articles

1-10 of 20

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)