Pelatihan Pemenfaatan Media Sosial Guna Meningkatkan Daya Saing Bisnis UMKM Di Era Digital

Authors

  • Afdhal Syafnur Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Royal
  • Rika Nofitri Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Royal
  • Rolly Yesputra Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Royal

DOI:

https://doi.org/10.59435/jiss.v1i2.27

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, Pelatihan, media sosial, Era Digital

Abstract

Pelatihan pemenfaatan media sosial guna meningkatkan daya saing bisnis UMKM di era digital. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran yang efektif untuk meningkatkan daya saing bisnis mereka di era digital. Saat ini, banyak UMKM yang belum mampu memanfaatkan media sosial secara optimal karena keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam strategi pemasaran digital. Pelatihan ini akan dilakukan melalui serangkaian workshop dan sesi praktik, yang mencakup pengetahuan dasar tentang media sosial, strategi pemasaran digital, identifikasi target pasar, pembuatan konten yang menarik, manajemen kampanye media sosial, dan pengukuran kinerja melalui analisis data. Dengan pelatihan ini, diharapkan pemilik UMKM dapat mengoptimalkan kehadiran mereka di platform online dan mencapai audiens yang lebih luas, meningkatkan daya saing bisnis mereka, dan memperkuat kehadiran mereka di ranah digital. Pelatihan ini juga diharapkan dapat mendorong kolaborasi dan pertukaran pengalaman antara pemilik UMKM, serta mendorong inovasi dalam strategi pemasaran dan promosi bisnis di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dristyan, F., Mardalius, M., & Meri, M. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Toko Online untuk UMKM. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 2(2), 144-149.

Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 42. https://doi.org/10.24036/sb.0310

Meri, M., Fandeli, H., Linda, R., Irmayani, I., & Febrian, R. (2023). Analisis Beban Kerja Mental Pada Pekerja UMKM Tahu Mtb Menggunakan Metode NASA-TLX. Journal Of Indonesian Social Society (JISS), 1(1), 15-18.

Puspita, D., Anggraeni, L., Ardiansyah, A., Rahmatullah, D., Asid-Qi, M., & Asrori, K. (2023). Sosialisasi Strategi Pemasaran Produk Melalui Media Sosial bagi Pelaku UMKM. Journal Of Indonesian Social Society (JISS), 1(1), 07-10.

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1. https://doi.org/10.30595/jppm.v4i1.4655

Anggraeni, W. C., Ningtiyas, W. P., & Nurdiyah, N. (2021). Kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan UMKM di masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Journal of Government and Politics (JGOP), 3(1), 47-65.

Downloads

Published

30-06-2023

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pelatihan Pemenfaatan Media Sosial Guna Meningkatkan Daya Saing Bisnis UMKM Di Era Digital. (2023). Journal Of Indonesian Social Society (JISS), 1(2), 82-85. https://doi.org/10.59435/jiss.v1i2.27

Similar Articles

1-10 of 47

You may also start an advanced similarity search for this article.