Rancang Bangun Sistem Monitoring Pengukur Cuaca Menggunakan Arduino Pada Stasiun Meteorologi Kelas III Banyuwangi

Authors

  • Muhammad Ali Ridla Universitas Ibrahimy Situbondo
  • Ahmad Fawaid Universitas Ibrahimy Situbondo

DOI:

https://doi.org/10.59435/jocstec.v2i2.282

Keywords:

Sistem Monitoring, Pengukur Cuaca, arduino

Abstract

Pemantauan cuaca yang akurat dan terkini sangat penting untuk berbagai aplikasi, termasuk navigasi penerbangan, pertanian, dan penelitian ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem monitoring pengukur cuaca menggunakan platform Arduino untuk Stasiun Meteorologi Kelas III di Banyuwangi. Metode penelitian mencakup pemilihan sensor cuaca yang sesuai, pengembangan perangkat lunak untuk pengambilan data dan visualisasi, serta integrasi sistem secara keseluruhan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang mampu secara real-time mengukur suhu udara, kelembaban, tekanan udara, dan kecepatan angin. Diskusi tentang hasil menyoroti kehandalan sistem dalam memantau kondisi cuaca lokal dan potensi pengembangan lebih lanjut, seperti integrasi dengan sistem pemantauan yang lebih luas. Kesimpulannya, sistem yang dikembangkan dapat menjadi alat yang berharga dalam pemantauan cuaca di Banyuwangi dan wilayah sekitarnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Benny Hartanto, Ningrum Astriawati, Supartini, and Damar Kuncoro Yekti, “Pencarian dan Pemanfaatan Informasi Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG),” INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 1, no. 5, pp. 553–564, Oct. 2022, doi: 10.55123/insologi.v1i5.906.

Republik Indonesia, “Undang-Undang tentang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika,” in Jakarta: Sekretariat Negara, 2009.

S. N. Dimas, “Peran Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Kelas II Tanjung Emas Semarang Dalam Memprakiraan dan Menginformasikan Laporan Berita Cuaca Untuk Kapal Sebagai Penunjang Keselamatan Pelayaran,” Karya Tulis, 2022.

Wawancara kepada Bagus Dwi Aditya, S.Tr (Selasa, 05 September 2023).

K. Fatihin, J. Dedy Irawan, and R. P. Primaswara, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Pengukur Cuaca Menggunakan Minimum System Arduino,” 2020.

H. Hasanah, “TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial).”

Haris herdiansyah, “Wawancara Observasi Dan Focus Groups Sebagai Instrumen Penggalian data Kuantitatif ,” in Depok: PT. Rajagrafindi, 2019, p. 27.

Helaluddin and Hengki Wijaya, “Analisis Data Kualitatif Sebuah TinjauanTeoridanPraktik”.

Presman and Roger S., “Software Engineering : A Practitioner’s Approach,” McGraw Hill. , 2012.

A. Saefullah, A. Sunarya, and D. Fakhrizal, “PROTOTYPE WEATHER STATION BERBASIS ARDUINO YUN,” 2015.

R. Bangun Sistem Monitoring, F. Ulya, and M. Kamal, “RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING CUACA DENGAN TAMPILAN THINGSPEAK,” JURNAL TEKTRO, vol. 1, 2017.

A. Widodo and A. Sumaedi, “Prototipe Deteksi Hujan Berbasis Arduino Uno Menggunakan Rain Drop Sensor Module”.

L. A. Subagyo and B. Suprianto, “Sistem Monitoring Arus Tidak Seimbang 3 Fasa Berbasis Arduino SISTEM MONITORING ARUS TIDAK SEIMBANG 3 FASA BERBASIS ARDUINO UNO.” [Online]. Available: www.epanorama.net/stc-013-20-CT,2017

T. Sugiyanto, A. Fahmi, and R. Nalandari, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Cuaca Berbasis Internet Of Things (IoT),” 2020.

Published

29-06-2024

How to Cite

[1]
“Rancang Bangun Sistem Monitoring Pengukur Cuaca Menggunakan Arduino Pada Stasiun Meteorologi Kelas III Banyuwangi”, JOCSTEC, vol. 2, no. 2, pp. 73–80, Jun. 2024, doi: 10.59435/jocstec.v2i2.282.

Similar Articles

1-10 of 26

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>