Proses CRM Untuk Memberikan Pelayanan Terbaik Pada Toko Eka Putri Sidomukti

Authors

  • Putri Nabillah Yusri Sirait Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal
  • Afrisawati Afrisawati Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal
  • Mardalius Mardalius Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Royal

DOI:

https://doi.org/10.59435/jocstec.v1i2.58

Keywords:

crm, toko, pelayanan

Abstract

Perkembangan teknologi di dunia bisnis berdampak pada suatu. Toko Eka Putri merupakan toko yang berdiri dalam bidang penjualan sembako, yang terletak di Jl. Arwana, bertepatan di sebelah Hotel Bumi Asahan, Sidomukti, Kec. Kota Kisaran Barat, Kab. Asahan, Sumatera Utara. Pada saat ini pemasaran produk pada Toko Eka Putri masih dilakukan dengan menunggu pelanggan untuk datang ke Toko secara langsung, hal ini dapat mengakibatkan kurangnya informasi yang sampai kepada pelanggan mengenai adanya produk-produk baru yang ada di Toko Eka Putri terhadap pelanggan yang berada di luar wilayah Sidomukti apabila tidak dapat datang langsung ke Toko Eka Putri dan pengolahan data penjualan yang ada pada Toko Eka Putri masih secara manual sehinga rentan terhadap kesalahan yang akan berdampak dengan hasil laporan penjualan yang tidak akurat. Dalam permasalahan yang ada maka dibutuhkannya suatu strategi bisnis yang efektif agar para pelanggan yang telah ada atau yang lama dapat bertahan dan tidak berpaling ke Toko lain, salah satu strategi dengan menggunakan Customer Relationship Management (CRM). Customer Relationship Management (CRM) adalah suatu proses dalam mendapatkan, mempertahankan dan meningkatkan hubungan pelanggan yang menguntungkan dengan tujuan untuk menciptakan nilai pelanggan, sehingga pelanggan puas dan memaksimalkan keuntungan bagi perusahaan. Dengan hubungan ini, diharapkan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan kepada perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Warsela, A. D. Wahyudi, and A. Sulistiyawati, “Penerapan Customer Relationship Management Untuk Mendukung Marketing Credit Executive (Studi Kasus: PT FIF Group),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 2, p. 78, 2021.

Y. Elva, N. Trisna, F. IlmuKomputer, and U. Putra Indonesia YPTK padang, “CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK PENING-KATAN PENJUALAN HASIL UMKM BADAN USAHA MILIK DESA (BUM-DES),” 2021. [Online]. Available: http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR

E. Rosinta and D. Hasibuan, “Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web PT. Buana Telekomindo,” 2018.

L. Nabil, A. Aziz, and H. Patrie, “IMPLEMENTASI E-CRM UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PADA MIE AYAM & BAKSO MONGGO PINARAK.”

A. U. Hamdani and T. Novitasari, MODEL ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN PENDEKATAN WORK CENTERED ANALYSIS DAN FRAMEWORK OF DYNAMIC CRM UNTUK MENINGKATKAN LAYANAN PELANGGAN PADA PT. XYZ. 2018.

R. Syabania and N. Rosmawani, “Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management ( Crm ) Pada Penjualan Barang Pre-Order Berbasis Website,” Rekayasa Informasi, vol. 10, no. 1, pp. 44–49, 2021.

M. Saleh Malawat, D. Harwini, N. Mulyani, and J. Hutahaean, “E-COMMERCE PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM),” Terakreditasi DIKTI, vol. 2, no. 2, pp. 98–104, 2018.

N. Ayu Nila Dewi STMIK STIKOM Bali JlRaya Puputan, “Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi 2018 SENSITEK 2018 STMIK Pontianak,” 2018.

A. Nugraha, “Proses Branding Kallia Coffee Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis,” pp. 1–87, 2018.

M. Pratiwi and W. Marta, “Penerapan Konsep Customer Relationship Management Dalam Membangun Branding Catering Kota Padang,” KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 78–86, 2018, doi: 10.30865/komik.v2i1.912.

D. N. Pertiwi Siregar, W. Cahyani, and A. U. Chaniago, “Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Loyalitas Pengguna Irian Card (I-Card) Pada Irian Dept Store & Supermarket Medan Marelan,” Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer), vol. 19, no. 1, p. 17, 2020, doi: 10.53513/jis.v19i1.221.

syifa aulia Sari, “Upaya Peningkatan Pelayanan Dan Loyalitas Customer,” pp. 94–101, 2018.

Downloads

Published

22-05-2023

How to Cite

[1]
“Proses CRM Untuk Memberikan Pelayanan Terbaik Pada Toko Eka Putri Sidomukti”, JOCSTEC, vol. 1, no. 2, pp. 57–68, May 2023, doi: 10.59435/jocstec.v1i2.58.