Flutter for Beginners: Pemberdayaan Siswa SMK Swasta Amal Bakti Dalam Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Pelatihan Teknologi Mobile
DOI:
https://doi.org/10.59435/jiss.v3i1.477Keywords:
Flutter, MobileAbstract
Revolusi Industri 4.0 telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk kebutuhan akan keterampilan teknologi yang relevan di dunia kerja. Salah satu keterampilan yang semakin dibutuhkan adalah pengembangan aplikasi mobile. Artikel ini memaparkan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan teknologi mobile menggunakan Flutter, yang ditujukan untuk memberdayakan siswa SMK Swasta Amal Bakti. Flutter dipilih karena kemampuannya sebagai framework pengembangan aplikasi lintas platform yang efisien dan ramah pemula. Pelatihan ini dirancang untuk mengenalkan dasar-dasar Flutter, seperti instalasi, pembuatan antarmuka sederhana, hingga simulasi aplikasi dasar. Metode pelatihan meliputi pemaparan teori, demonstrasi praktik, dan pendampingan langsung kepada siswa. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap pengembangan aplikasi mobile, dengan 85% peserta mampu menyelesaikan tugas praktik secara mandiri. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menyiapkan siswa SMK Swasta Amal Bakti untuk bersaing di dunia kerja, sekaligus memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kompetensi generasi muda di era digital. Selain itu, pelatihan ini juga membuka peluang pengembangan lebih lanjut dalam penggunaan Flutter untuk proyek-proyek inovatif di lingkungan sekolah.
Downloads
References
Ahmad, T., & Rahmat, T. (2020). Pengembangan Aplikasi Mobile: Konsep, Teknik, dan Implementasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Google. (2023). Flutter Documentation: Build Apps for Any Screen. Retrieved from https://flutter.dev
Herlambang, A. D., & Wicaksono, T. (2022). Framework Flutter: Panduan Lengkap untuk Pemula. Surabaya: Informatika.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2020). Standar Kompetensi Lulusan SMK pada Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Kemendikbud.
Martin, R. C. (2019). Clean Architecture: A Craftsman’s Guide to Software Structure and Design. Boston: Addison-Wesley.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Nugroho, S. (2021). "Implementasi Framework Flutter dalam Pengembangan Aplikasi Mobile di Pendidikan Menengah". Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(3), 152–165.
Prasetyo, T., & Nugraha, Y. (2020). Mobile App Development for Beginners Using Flutter. Bandung: Andi Offset.
Rifai, I. (2021). "Peningkatan Kompetensi Siswa SMK melalui Teknologi Digital di Era Revolusi Industri 4.0". Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(1), 45–60.
Sharma, A., & Singh, S. (2023). Cross-Platform Mobile Development Using Flutter. New Delhi: Wiley India.
Suyanto, T. (2020). "Peran Pendidikan Kejuruan dalam Menghadapi Tantangan Era Digital". Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 27(2), 112–125.
Zainuddin, M., & Fitri, R. (2022). "Penerapan Framework Flutter dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pengembangan Aplikasi Mobile". Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, 15(4), 230–240.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mardalius, Yori Apridonal M, Febri Dristyan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.